Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERILAKU ETIKA DALAM BISNIS (TUGAS SOFSKILL 2)


ETIKA PROFESI AKUNTANSI

PERILAKU ETIKA DALAM BISNIS


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpQyPGsN63h9zS-y7R0HSyX8bI-QbpSFGUkfrVvOdtStONClc8zj93-zOrYBpPlRkd-KzNGRfKNtP_YQIaSBIrBrKC73cs8FbMaUZEoFdpf9w5NL2N3W-iD19U6XenjOWDmWH-WPWoOik/s200/logo_gunadarma1-300x29822.jpg


Dosen :

Budi Santoso
DisusunOleh :
DIAN EKA PUSPITASARI
22214978

4EB29








UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
PTA 2017/2018


II.   PerilakuEtikaDalamBisnis
1.      LingkunganBisnis yang MempengaruhiPerilakuEtika
Tujuandarisebuahbisniskeciladalahuntukmentumbuhataumenghasilkanuang.
Faktor yang mempengaruhiperilakuetikabisnis, yaitu :
1)      FaktorPerbedaanBudaya
2)      FaktorPerilakuOrganisasi
Faktor lain yang mempengaruhiperilakuetikabisnis, yaitu :
1)      Physial, yaitu :Kualitas air, udaradankeamanan.
2)      Moral, yaitu :Kebutuhankejujurandankeadilan.
3)      Econimic, yaitu :Kelemahantekananuntukbertahan.
4)      Accountability, yaitu :Kebutuhanakantransparasi.
5)      Institutional Reinforcement, yaitu :Hukum / UU untukmereformasipraktikbisnisdanprofesi.
2.      Kesalingan – KetergantunganantaraBisnisdanMasyarakat
Dalamsetiapsesuatu yang beradadimukabumiinisalingketergantungansatusamalainnya. Hal initidakbisadihindarkansamadenganberbisnisdalamduniaberbisnistidakbisaberjalantanpaadanyaperanandarimasyarakat yang ikutsertamenjalankansistemruanglingkupbisnisitusendiri. Sebagaimanaperananbisnisterhadapmasyarakat yang sangatsalingberkaitan.
3.      KepedulianPerilakuBisnisTerhadapEtika
Sebuahperusahaandalamberbisnistidakhanyamemenuhikebutuhanmasyarakat (konsumen).Namunmampujugamenyediakansarana yang dapatmenarikpeminatkonsumen.
Faktor yang berkaitan, yaitu :
1)      PemenuhanKebutuhan.
2)      Keuntungan Usaha.
3)      PertumbuhandanPerkembangan yang berkelanjutan.
4)      TanggungJawabsosial.
4.        PerkembanganDalamSistemEtikaBisnis
Menurut K. BertensdalambukunyaPengantarEtikaBisnis, perkembanganetikabisnis di bagimenjadi 5 periodeyaitu :
1)      SituasiDahulu
Padaawalsejarahfilsafat, plato, Aristoteles, danfilsuf-filsufYunani lain menyelidikibagaimanasebaiknyamengaturkehidupanmanusiabersamadalamnegaradandalamkonteksitumerekamembahasjugabagaimanakehidupanekonomidankegiatanniagaharusdiatur.
2)      MasaPeralihan : Tahun 1960-An
Dalamtahun 1960-anterjadiperkembanganbaru yang bisadilihatsebagaipersiapanlangsungbagitimbulnyaetikabisnisdalamdekadeberikutnya. Dasawarsa 1960-an ini di AmerikaSerikatditandaiolehpemberontakanterhadapkuasadanotoritas, revolusimahasiswa, penolakanterhadap establishment.halinimemberiperhatianpadaduniapendidikankhususnyamanajemen, yaitudenganmenambahkanmatakuliahbarudengannama Business and Society.
3)      EtikaBisnisLahir di AmerikaSerikat : Tahun 1970-An
Etikabisnissebagaisuatubidangintelektualdanakademisdenganidentitassendirimulaiterbentuk di AmerikaSerikatsejaktahun 1970-an. Sejumlahfilsufmulaiterlibatdalammemikirkanmasalah-masalahetissekitarbisnis, danetikabisnisdianggapsebagaisuatutanggapantepatataskrisis moral yang sedangmeliputiduniabisnis di AmerikaSerikat.
4)      EtikaBisnisMeluasKeEropa : Tahun 1980-An
Di Eropa Barat etikabisnissebagaiilmubarumulaiberkembangsepuluhtahunkemudian.Padatahun 1987 didirikan European Business Ethics Network (EBEN) yang bertujuanmenjadi forum pertemuanantaraakademisdariuniversitassertasekolahbisnis, parapengusahadanwakil-wakildariorganisasinasionaldaninternasiona.
5)      EtikaBisnisMenjadiFenomena Global: Tahun 1990-An
Dalamdekade 1990-an etikabisnistidakterbataslagipadaduniabarat.Tandabuktiterakhirbagisifat global etikabisnisadalahdidirikannya International Society for Business, Economics, and Ethics (ISBEE) di Tokyo pada 25-28 Juli 1996. 

5.      EtikaBisnisdanAkuntan
Dalammenjalankanprofesinyaseorangakuntan di Indonesia diaturolehsuatukodeetikaIkatanAkuntansi Indonesia (IAI).KodeetikaIkatanAkuntansi Indonesia merupakantatananetikadanprinsip moral yang diberikanpendomankepadaakuntanuntukberhubungandenganklien, sesame anggotaakuntandanmasyarakat.
Faktordalammenciptakanetikabisnis, yaitu :
1.      PengendalianDiri.
2.      PengembanganTanggunganJawabSosial (Social Responsibility).
3.      MempertahankanJatiDiri.
4.      MenciptakanPersaingan yang Sehat,
5.      MenerapkanKonsep
6.      MenhindarkanSifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusidankomisi).
7.      MampuMenyatakan yang BenerituBener.
8.      MenumbuhkanSikapSalingPercayaantaraGolonganPengusaha.
9.      KonsekuendankosistendenganAturan main Bersama.
10.  MemeliharaKesepakatan.
11.  MenuangkankedalamHukumPositif.





DAFTAR PUSTAKA

Agoes, Sukrisnodan I CenikArdana, 2013.EtikaBisnisdanProfesi :Tantangan
MembangunManusiaSeutuhnya, Jakarta :SalembaEmpat.
Bertens, K, 2000. PengantarEtikaBisnis, EdisiKeenam, Yogyakarta: Kanisius

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar